Minggu, 08 Mei 2011

Ternyata Pria Lebih Cengeng dalam Urusan Cinta

Pria Dewasa mungkin terlihat tangguh dan tegas. Postur tubuhnya seakan menggambarkan bahwa Pria mampu menghadapi masalah dengan dewasa. Namun Tahukah anda bahwa ternyata pria lebih cengeng dalam urusan cinta jika dibandingkan dengan wanita? Sebuah study dari Wake Forest University, California, yang dipublikasikan di Journal of Health and Social Behavior , pasang surut cinta mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kesehatan mental Pria jika dibandingkan dengan wanita.

Dalam penelitian seorang sosiolog bernama Robin Simon, melibatkan 1000 orang yang belum menikah dan berusia 18 dan 23 tahun. Penelitian ini menentang asumsi yang telah lama dipegang teguh bahwa perempuan lebih rentan mengalami pasang surut emosi terkait hubungan percintaan.

Meskipun pria menunjukkan muka yang seakan tangguh, tapi dalam dirinya tengah menghadapi efek emosi yang lebih besar akibat percintaan yang tidak bahagia. Hanya saja Pria mengekspresikan kesedihannya dengan cara yang berbeda.
Dalam penelitian itu, Simon menemukan kaitan antara hubungan cinta nonpernikahan dan kesehatan emosi di antara Pria dan wanita di ambang usia dewasa. Dia menemukan bahwa pria muda lebih reaktif terhadap kualitas hubungan yang sedang berjalan. Akibatnya bisa saja pria itu stress dikarenakan hubungan tidak mulus tersebut juga berpengaruh terhadap mental kesehatan lelaki tersebut.

Pemicunya untuk pria muda, kekasih mereka seringkali menjadi orang terdekat. Berbeda dengan wanita muda yang cenderung memiliki hubungan dekat dengan keluarga dan teman-teman. Ketegangan dalam hubungan juga bisa diakibatkan dari rendahnya kesejahteraan emosional, padahal ketegangan tersebut bisa mengancam identitas dan harga diri pria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar